Liputan MAK Unggulan Informatika

Ditjend Pendis Siapkan Camad dan Cawas Yang Baik

Penulis: Andy Sutrisno

Secara etimologi kepala madrasah adalah guru yang memimpin madrasah. Berarti secara terminology kepala madrasah dapat diartikan sebagai tenaga fungsional guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu madrasah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan peserta didik yang menerima pelajaran.
Kepala madrasah adalah pimpinan tertinggi di madrasah. Pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan madrasah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala madrassah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan.

Pengawas sekolah adalah unsur tenaga kependidikan yang memegang peranan penting dalam pengawasan dengan memberikan pembinaan, penilaian dan bantuan bimbingan pengelolaan layanan pendidikan di satuan pendidikan khususnya di madrasasah.
Untuk menjaring kepala atau pengawas madrasah yang ideal, hebat dan bermartabat tentunya melalui requirment dan seleksi yang baik pula. Untuk itu Dalam rangka implementasi Proyek Madrasah Education Quality Reform Tahun Anggaran 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Regulasi Rekruitmen dan Seleksi Camad dan Cawas (Angkatan 1)” pada Hari Selasa s.d Jumat, tanggal 25 s.d 28 Agustus 2020 bertempat di Hotel Grand Mulya Bogor Resort & Convention Hotel, Jl. Babakan Tumas No.16 Desa Cikeas – Sukaraja Sentul, Cadas Ngampar, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan dihadiri oleh 40 ASN Kemenag diantaranya kasubdit, kepala seksi, kepala madrasah serta pengawas. Tepat pukul. 18.30 wib Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang baru Muhammad Ali Ramdhani.

Scroll to top