MAK Unggulan Informatika

FGD Pelaksanaan Proyek RealEdPro-MEQR Angkatan-7 dalam rangka Wet Swim Test Aplikasi e-RKAM

Penulis: Mutiah Ulfah

Dalam rangka pelaksanaan Proyek REP-MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Project Management Unit (PMU) REP-MEQR menyelenggarakan kegiatan FGD Pelaksanaan Proyek REP-MEQR (7). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 18 September 2020 pukul 08.00 WIB-selesai bertempat di Hotel Ara Serpong Ara Center Jalan CBD, Barat Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.Kav. 1, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15836 dengan agenda Wet Swim Test Aplikasi e-RKAM.

Kegiatan ini dikuti oleh beberapa perwakilan Madrasah yang berada di BANTEN dan DKI JAKARTA secara tatap muka dan Madrasah Seluruh Indonesia Secara daring. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Muhammad Farman Izhar sebagai tim pengembang eRKAM. Turut hadir juga Bambang iriyanto, dan Abdullah Faqih perwakilan dari Pejabat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sistem eRKAM mulai dipikirkan sejak 2018, dibangun pada tahun 2019 kemudian tahun 2020 mulai melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi pengelola keuangan madrasah yang ada di 12 provinsi sehingga 2021 sudah siap untuk dioperasikan. Adapun 12 Provinsi yang akan diberikan sosialisasi pelatihan sistem e-RKAM ini adalah: Aceh, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sulsel, Kaltim, dan Gorontalo.

Keberadaan e-RKAM bertujuan untuk meningkatkan kualitas belanja BOS. Oleh karena itu, target akhir sistem e-RKAM ini adalah peningkatan efisiensi dan efektifitas belanja BOS. Selama ini, pengelolaan dana BOS langsung dikelola oleh masing-masing madrasah. Pasalnya, dana BOS tersebut memang sudah masuk pada DIPA masing-masing madrasah atau masuk ke rekening masing-masing. Dengan adanya e-RKAM, kita berharap akuntabilitas nya pun makin meningkat dan seluruh stake holder diharapkan dapat memantau pergerakan dana BOS mulai dari perencanaan hingga pemanfaatan akhir.

Scroll to top