Penulis – Afif Agil Nugraha
Direktorat jenderal pendidikan islam kementrian agama republik indonesia menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah/ Madrasah Aliyah dalam tindak lanjut hasil Riveuw Instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Angkatan (6)
Dilaksanakan pada hari Kamis sampai dengan Sabtu tanggal 17 hingga 19 juni 2021 bertempat di Aston Denpasar Hotel & Convention Center,Bali.
Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan Guru MI, MTs dan MA, Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Ahmad Hidayatullah turut hadir beberapa Narasumber antara lain Ibu Feni dan Tim LSP.
Tujuan asesmen adalah untuk meningkatkan tindak lanjut dalam tahap Penyusunan Modul untuk Literasi Membaca, Literasi Sains, Literasi Sosial Budaya dan Literasi Numerasi, serta pentingnya Esensi Diagnostik Kompetensi untuk perbaikan Pembelajaran dalam rangka menghasilkan Postur Profile generasi yang di harapkan bisa mencapai Visi Indonesia 2024- 2025
Kegiatan hari pertama diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan meriveuw soal soal yang telah di buat oleh para peserta. Yang dipandu oleh Bapak Muslim.
Hari kedua berdiskusi secara berkelompok sesuai dengan Literasi masing masing.
Hari ketiga adalah laporan dari masing-masing kelompok Literasi dilanjutkan penutupan oleh kepala Seksi Subdirektoral Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Bapak Suwardi
‘Kecerdasan serta karakter adalah tujuan dari pendidikan yang sejati’ Martin Luther King.