Sejarah MAK UI

Beranda > Profil > Sejarah

Sejarah

Beranda > Profil > Sejarah

Gedung MAK Unggulan Informatika

Sejarah Berdirinya MAK UI

Dengan tekad kuat dan bulat pada tahun 2018 Yayasan Cipta Insan Pratama (YCIP) membangun Madrasah Aliyah Kejuruan bernama MAK Unggulan Informatika sekaligus menjadi MAK pertama dan satu-satunya di Jakarta. MAK Unggulan Informatika beralamatkan di jalan Kostrad Raya No. 2 Petukangan Utara, pesanggrahan Jakarta Selatan.

Dengan keluarnya Izin Pendirian Operasional Madrasah Nomor : 160 Tahun 2018 menjadi daya gedor untuk menjadikan MAK Unggulan Informatika menjadi Pendidikan yang lain dari pada yang lain, kolaborasi antara Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) dan Keimanan & Ketaqwaan (IMTAQ) yang sesungguhnya.

Sejarah MAK UI

Gedung MAK Unggulan Informatika

Dengan tekad kuat dan bulat pada tahun 2018 Yayasan Cipta Insan Pratama (YCIP) membangun Madrasah Aliyah Kejuruan bernama MAK Unggulan Informatika sekaligus menjadi MAK pertama dan satu-satunya di Jakarta. MAK Unggulan Informatika beralamatkan di jalan Kostrad Raya No. 2 Petukangan Utara, pesanggrahan Jakarta Selatan.

Dengan keluarnya Izin Pendirian Operasional Madrasah Nomor : 160 Tahun 2018 menjadi daya gedor untuk menjadikan MAK Unggulan Informatika menjadi Pendidikan yang lain dari pada yang lain, kolaborasi antara Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) dan Keimanan & Ketaqwaan (IMTAQ) yang sesungguhnya.

Seiring dengan maraknya digitalisasi di tanah air, maka pekerja atau lulusan yang ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi pun semakin dibutuhkan. Untuk memenuhi akan kebutuhan Sumber Daya Manusia yang siap berkompetisi didunia Digital MAK UI turut menyiapkan generasi unggul di bidang TIK. Berdasarkan hal itu, beberapa insan pendidikan di Jakarta diantaranya :

Ketua Yayasan Cipta Insan Pratama

Putera kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1978 dari Bapak KH. Imam Moch Domiry dan Ibu. Hj. Titi Rohana ini, besar dilingkungan keluarga santri. Mayoritas keluarga menekuni dunia pendidikan seperti Darunajah, Madinatunajah dan Annajah.

Berkat didikan dari keluarga dibidang pendidikan dan sedikit ala militer, membuat seorang RICKYHAKIQI ALMATURIDI mau tidak mau harus hidup dengan kedisiplinan. Setelah Lulus dari Pesantren tahun 1996 langsung mengabdikan diri menjadi seorang Guru didaerah Cirebon jawa barat.

Tahun 1998 kembali kekampung halaman untuk mengembangkan Sekolah yang dibangun oleh keluarga. Tahun 2000 mulai mencoba kuliah di Univ. Muhammadiyah Cirende fakultas ilmu pendidikan”walaupun hanya 3 semester”, kemudian tahun 2003 kembali ke bangku kuliah di Univ. STIE Bakti (Bakti Pembangunan, karena suatu hal, cukup 3 bulan saja merasakan kuliah dibidang ekonomi, tahun 2003 hanya 1 minggu merasakan bangku kuliah dibidang PR di Univ. Mercu Buana, dan akhirnya dapat menyelesaikan kuliah di kampus DARUL QOLAM lulus tahun 2007-2008.

Tahun 2016 tekad untuk terjun di dunia Pendidikan semakin kuat. Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim Ricky bersama Andya mendirikan Yayasan Cipta Insan Pratama memulai membuka Pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan pertama di Jakarta. Hanya ada satu motivasi “ KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA”.

Kepala Madrasah

Pria kelahiran Palembang yang berdarah sriwijaya majapahit ini besar dikeluarga guru, kakeknya adalah seorang guru dijaman kemerdekaan, ayahnya pernah menjadi kepala dan pengawas sekolah disebuah Yayasan Pendidikan milik BUMN Pertamina dan ibunya seorang ibu rumah tangga lulusan Pendidikan Guru agama. Sejak kecil beliau bercita-cita menjadi seorang pendidik. Selain pernah menjadi ketua Osis saat SMP banyak juga prestasi tingkat daerah mapun nasional yang sudah beliau raih saat menjadi pelajar. Finalis Karya Ilmiah remaja Tingkat Nasional 1991, Juara III Lomba kliping tingkat nasional 1991 dan Juara II solo percusion GPMB 1992.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Informatika di Yogyakarta beliau mengajar di perguruan tinggi teknologi di wilayah kota tangerang dan peguruan tinggi Agama Islam di kab. Tangerang. Tahun 2006 saat SMK Media Informatika berdiri beliau memutuskan untuk menjadi seorang GURU. Tahun 2007 beliau ikut serta mendirikan SMK Bina informatika Bintaro. Dari kedua sekolah inilah beberapa tugas pernah diamanahkan ke beliau seperti Wali kelas, BP, Kepala Program RPL, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan serta Bidang kurikulum. Untuk meningkatkan kemampuan mengajar beliau melanjutkan pendidikan S2 dan mengambil Program Teknologi Pembelajaran.

Melengkapi kemampuan di bidang pendidikan beberapa sertifikat didapat beliau antara lain : Manajemen kearsipan (Records) pada pemerintahan dan perusahaan dari tinjauan era teknologi informasi 2002, Microsoft E-Learning Courses in English 2007, Assesor Uji Kompetensi SMK 2009, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tingkat SMK 2009, Pengembangan Motivasi Berprestasi 2010, Guru Profesional bidang Rekayasa Perangkat Lunak 2012, Workshop Kurikulum K13 SMK 2016. Beberapa Aplikasi yang pernah beliau buat diantaranya Aplikasi Data Kepegawaian YKPP Pertamina Prabumulih 1997 dan Aplikasi Rekam Medis 2003 – 2016.

Dalam kesibukan sebagai Guru beliau masih menyempatkan diri untuk aktif dibeberapa kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan baik di organisasi profesi guru maupun tugas-tugas negara. Beliau pernah berhasil menjadi finalis Lomba Penelitian Guru dan Dosen Tahun 2013. Serta pernah tergabung dalam TIM kegiatan Puslitjak untuk meneliti Pendidikan Indonesia antara lain di Belitung, Aceh, Jayapura, Kubu Raya (Pontianak), Labuan Bajo (NTT), Demak (Jateng). Tahun ajaran 2018-2019 beliau mencoba untuk memberikan yang terbaik di MAK Unggulan Informatika.

Wakil Kepala Madrasah

Asep Lukman Arip Hidayat lahir di Garut. Beliau adalah anak pertama dari lima bersaudara, kebahagiaan semakin lengkap dengan hadirnya istri dan dua buah hati. Masa kecil Lukman dilalui bersama saudara-saudaranya di Limbangan Garut, Jawa Barat. Kemampuan seni rupa dan melukis telah ditunjukkan lukman sejak kanak-kanak. Guna memperdalam kemampuan seni rupa tahun 2000 Lukman hijrah ke Bandung untuk menuntut ilmu di SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) untuk belajar Seni Rupa. Di SMSR, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, dan berhasil menjadi juara umum.

Pada tahun 2003 Lukman melihat perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah mulai nampak hingga akhirnya beliau memutuskan untuk mempelajari bidang tersebut sampai memperoleh gelar Sarjana Komputer.Didunia Pendidikan Multimedia Siapa yang tidak kenal dengan pria kelahiran Garut ini. Malang melintang didunia profesional dan pendidikan berawal dari PT. Cakrawala Global Informatika salah satu perusahaan yang fokus dibidang Teknologi Informasi beliau sebagai Web Designer kemudian Lukman memutuskan untuk menjadi pengajar di SMK Media Informatika, selang 1 tahun ikut merintis dan mendirikan SMK IT di daerah Bintaro Tangerang Selatan yaitu SMK Bina Informatika. Pada tahun 2014 Lukman dipercaya untuk ikut serta dalam merintis dan mendirikan sekolah kembali di daerah Kota Depok Jawa Barat yaitu SMK Tunas Media dan pelabuhan tempat bersandar tahun 2018 ini di MAK Unggulan Informatika.

Asep Lukman Arip Hidayat yang biasa dipanggil oleh siswa-siswanya Bapak lukman adalah salah satu Guru yang telah banyak melukiskan prestasi dibidang Pendidikan Multimedia. Beberapa situs web yang telah ia hasilkan antara lain :

  • 2003, Web Design WAN Kota Bandung – Web Design Anugerah Musik Indonesia Awards – Web Design INDAG Purwakarta
  • 2006, Website ICT Center Kota Tangerang – Web Design SMKN 3 Tangerang
  • 2007, Web Design STT Migas Balikpapan
  • 2007 – 2014, Website SMK Bina Informatika Bintaro
  • 2007 – Sekarang, Website UKBI – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • 2009 – Sekarang, Website BIPA – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • 2014 – Sekarang, Website SMK Tunas Media
  • 2017, Website PT. Asian Isuzu Casting Center (AICC) – Website SMK Media Kreatif dan SMK Meilia Medika
  • 2017 – Sekarang, Website MAK Unggulan Informatika
  • 2020, Website Penghargaan – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Kemudian tidak sedikit putra-purti anak bangsa yang telah menjuarai lomba-lomba tingkat nasional dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK berkat bimbingannya seperti :

  • Pembimbing dalam LKS SMK Bidang Lomba Animation, (Jakarta Nasional Juara Harapan I 2009 – Jakarta Nasional Juara III 2010 – Jakarta Nasional Juara 1 2011 – Jakarta Nasional juara II 2013 – Malang Nasional Juara II 2016 – Bandung Nasional Juara II 2016)
  • Pembimbing dalam FLS SMK Bidang Lomba Film Animasi, Tangerang Selatan Provinsi Banten Juara I 2011
  • Pembimbing dalam Edunimasi Festival Bidang Lomba Animation ( Denpasar-Bali Nasional Juara 1 2011 – Yogyakarta Nasional Juara 1 2012)

Saat ini selain mengajar karena ia tergabung dalam LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)sebagai Assesor Kompetensi Ia kerap kali diminta menjadi assesor Graphic Designer Guru Keahlian Ganda, berikut ini adalah peserta yang pernah diassement oleh beliau :

  • SMKN 5 Bandar Lampung, Skema Graphic Designer dengan peserta Guru Keahlian Ganda Multimedia 2017
  • SMKN 4 Palangka Raya, Skema Graphic Designer dengan peserta Guru Keahlian Ganda Multimedia 2017
  • PPPPTK BMTI Cimahi, Skema Graphic Designer dengan peserta Instruktur Keahlian Ganda 2017
  • Cevest BBPLK Bekasi, Skema Graphic Designer dan Animation dengan peserta diklat 2017 – Sekarang

Beliau berpendapat bahwa saat ini menjadi Guru merupakan pelabuhan untuk mengabdikan dan mengaplikasikan ilmu Multimedia khsususnya desain grafis, animasi, kepada putra-putri MAK Unggulan Informatika.

Wakil Bidang Kesiswaan (2018-2019)

Sosok kelahiran jakarta tahun 1978 ini dimata rekan-rekan diibaratkan seperti padi, pribadi yang santun, lembah manah serta memiliki kemapuan yang mumpuni. Lahir dan besar dikota jakarta menunujukkan bahwa ia adalah putra asli Jakarta.

1996 Maryadi menyelesaikan pendidikan SMA kemudian melanjutkan kuliah di Institut Agama Islam Al-Aqidah memperdalam ilmu agama khususnya PAI. Selang beberapa lama menjadi mahasiswa di IAI Al-Aqidah ia mencoba kuliah di STMIK Kuwera Jakarta mengambil jurusan Manajemen Informatika. Maryadi termasuk mahasiswa yang aktif, rajin ia menjalani kuliah di dua tempat berbeda dalam waktu bersamaan namun dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan nilai yang sangat memuaskan.

Beberapa pelatihan dan sertifikat yang ia ikuti didapat sebagai pelengkap untuk menambah kemapuan dibidang komputer antara lain :

  • 2003, Cisco Networking Academy CCNA (Jakarta) dan Workshop dan Demo Wirelless Networking ( Akses Internet tanpa kabel) diselenggarakan oleh komunitas STAN Prodip.
  • 2011, Workshop Analisa & desain Sistem Informasi di STMIK Kuwera
  • 2017, Sertificate of Comptence Pendidikan dan Pelatihan BNSP

Selain pelatihan, pengalaman bekerja di perusahaan dan bidang pendidikan membuat ia semakin kompeten, terbukti saat UKG RPL 2016 DKI Jakarta ia mendapat nilai tertinggi. Selain mengajar MM dan Divisi IT di SMKN 59 dan Assesor Multimedia, RPL, TKJ saat ini ia juga menjabat sebagai direktur operasional PT Miratek interdata sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

Beberapa kemapuan materi yang ia kuasai sebagai penunjang Kegiatan Belajar Mengajar yaitu : Linux, WIN Servel ALL, Win All, MS Office, VB6, LAN, WAN, Video editing, Design Grafis, Web Design, Web Programing, HTML, PHP, Mysql, Asemmbling Computer and Service.

Tahun Ajaran 2018 – 2019 dengan mengucap Bismillahirahmanirahim ia bergabung di MAK Unggulan Informatika sebagai wakil kesiswaan sekaligus kepala program Rekayasa Perangkat Lunak.

Wakil Bidang SDM (2018)

Suprihani Kartadarma, lahir di Bandung pada 23 Mei 1987. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga akademisi. Ayahnya berprofesi sebagai dosen sekaligus guru besar di Jurusan Farmasi Institut Teknologi Bandung, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga lulusan Analis Kimia.

Sejak duduk di bangku SD hingga SMA, Suprihani yang akrab disapa Hani ini menunjukkan bakatnya di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam khususnya mata pelajaran kimia, fisika dan biologi. Puncaknya pada tahun 2003, Ia berhasil menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Barat di ajang Olimpiade Matematika dan Kimia tingkat SMA se-Indonesia. Selain itu, di tahun yang sama Hani juga tercatat dua kali menjuarai kompetisi Karya Ilmiah Remaja antar sekolah di Kotamadya Bandung.

Lulus dari bangku SMA tahun 2004, Hani melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Material Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. Semasa kuliah, Ia aktif mengikuti berbagai kepanitiaan dan organisasi diantaranya Himpunan Mahasiswa Material. Namun selama empat tahun kuliah, Hani menemukan minatnya yang lain yakni jurnalistik dan multimedia. Sehingga, usai mendapatkan gelar sarjananya, Ia nekat banting setir bekerja sebagai Reporter dan Produser di stasiun televisi berita Metro Tv dari tahun 2008 hingga 2015. Selama tujuh tahun malang melintang di dunia pertelevisian, Hani yang hobi bersepeda ini menekuni banyak hal mulai dari reportase, menulis naskah berita, presenting, videografi hingga editing video. Selain menjadi Guru menjadi seorang Ibu adalah tugas pokok, saat ini ia menjadi Working At Home Mom ( WAHM ) dengan mengelola sebuah website khusus ibu dan anak, katabunda.com. Januari 2018 ia bergabung MAK Unggulan Informatika dan menjadi tempat berbagi ilmu serta pengalaman dengan Generasi Unggul untuk Indonesia Hebat.

Founder
Yayasan Cipta Insan Pratama

Hj. Titi Rohana

Founder YCIP

dr. Hj. Rosy Palupi

Founder YCIP

MAK Unggulan Informatika adalah sebuah lembaga pendidikan formal di lingkungan Yayasan Cipta Insan Pratama (YCIP) dengan motto “Pendidikan Terbaik adalah Prioritas Kami”. Ditengah maraknya digitalisasi di tanah air MAK Unggulan membuka Kompetensi Keahlian Multimedia.

Tak hanya Multimedia, di bawah naungan Kementerian Agama MAK Unggulan Informatika juga menghadirkan pendidikan agama islam yang kuat, sehingga siswa tak hanya kompeten di bidang Multimedia tapi juga berakhlakul karimah.

Ketua Yayasan Cipta Insan Pratama

Putera kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1978 dari Bapak KH. Imam Moch Domiry dan Ibu. Hj. Titi Rohana ini, besar dilingkungan keluarga santri. Mayoritas keluarga menekuni dunia pendidikan seperti Darunajah, Madinatunajah dan Annajah.

Berkat didikan dari keluarga dibidang pendidikan dan sedikit ala militer, membuat seorang RICKYHAKIQI ALMATURIDI mau tidak mau harus hidup dengan kedisiplinan. Setelah Lulus dari Pesantren tahun 1996 langsung mengabdikan diri menjadi seorang Guru didaerah Cirebon jawa barat.

Tahun 1998 kembali kekampung halaman untuk mengembangkan Sekolah yang dibangun oleh keluarga. Tahun 2000 mulai mencoba kuliah di Univ. Muhammadiyah Cirende fakultas ilmu pendidikan”walaupun hanya 3 semester”, kemudian tahun 2003 kembali ke bangku kuliah di Univ. STIE Bakti (Bakti Pembangunan, karena suatu hal, cukup 3 bulan saja merasakan kuliah dibidang ekonomi, tahun 2003 hanya 1 minggu merasakan bangku kuliah dibidang PR di Univ. Mercu Buana, dan akhirnya dapat menyelesaikan kuliah di kampus DARUL QOLAM lulus tahun 2007-2008.

Tahun 2016 tekad untuk terjun di dunia Pendidikan semakin kuat. Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim Ricky bersama Andya mendirikan Yayasan Cipta Insan Pratama memulai membuka Pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan pertama di Jakarta. Hanya ada satu motivasi “ KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA”.

Kepala Madrasah

Pria kelahiran Palembang yang berdarah sriwijaya majapahit ini besar dikeluarga guru, kakeknya adalah seorang guru dijaman kemerdekaan, ayahnya pernah menjadi kepala dan pengawas sekolah disebuah Yayasan Pendidikan milik BUMN Pertamina dan ibunya seorang ibu rumah tangga lulusan Pendidikan Guru agama. Sejak kecil beliau bercita-cita menjadi seorang pendidik. Selain pernah menjadi ketua Osis saat SMP banyak juga prestasi tingkat daerah mapun nasional yang sudah beliau raih saat menjadi pelajar. Finalis Karya Ilmiah remaja Tingkat Nasional 1991, Juara III Lomba kliping tingkat nasional 1991 dan Juara II solo percusion GPMB 1992.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Informatika di Yogyakarta beliau mengajar di perguruan tinggi teknologi di wilayah kota tangerang dan peguruan tinggi Agama Islam di kab. Tangerang. Tahun 2006 saat SMK Media Informatika berdiri beliau memutuskan untuk menjadi seorang GURU. Tahun 2007 beliau ikut serta mendirikan SMK Bina informatika Bintaro. Dari kedua sekolah inilah beberapa tugas pernah diamanahkan ke beliau seperti Wali kelas, BP, Kepala Program RPL, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan serta Bidang kurikulum. Untuk meningkatkan kemampuan mengajar beliau melanjutkan pendidikan S2 dan mengambil Program Teknologi Pembelajaran.

Melengkapi kemampuan di bidang pendidikan beberapa sertifikat didapat beliau antara lain : Manajemen kearsipan (Records) pada pemerintahan dan perusahaan dari tinjauan era teknologi informasi 2002, Microsoft E-Learning Courses in English 2007, Assesor Uji Kompetensi SMK 2009, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tingkat SMK 2009, Pengembangan Motivasi Berprestasi 2010, Guru Profesional bidang Rekayasa Perangkat Lunak 2012, Workshop Kurikulum K13 SMK 2016. Beberapa Aplikasi yang pernah beliau buat diantaranya Aplikasi Data Kepegawaian YKPP Pertamina Prabumulih 1997 dan Aplikasi Rekam Medis 2003 – 2016.

Dalam kesibukan sebagai Guru beliau masih menyempatkan diri untuk aktif dibeberapa kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan baik di organisasi profesi guru maupun tugas-tugas negara. Beliau pernah berhasil menjadi finalis Lomba Penelitian Guru dan Dosen Tahun 2013. Serta pernah tergabung dalam TIM kegiatan Puslitjak untuk meneliti Pendidikan Indonesia antara lain di Belitung, Aceh, Jayapura, Kubu Raya (Pontianak), Labuan Bajo (NTT), Demak (Jateng). Tahun ajaran 2018-2019 beliau mencoba untuk memberikan yang terbaik di MAK Unggulan Informatika.

Wakil Kepala Madrasah

Asep Lukman Arip Hidayat lahir di Garut. Beliau adalah anak pertama dari lima bersaudara, kebahagiaan semakin lengkap dengan hadirnya istri dan dua buah hati. Masa kecil Lukman dilalui bersama saudara-saudaranya di Limbangan Garut, Jawa Barat. Kemampuan seni rupa dan melukis telah ditunjukkan lukman sejak kanak-kanak. Guna memperdalam kemampuan seni rupa tahun 2000 Lukman hijrah ke Bandung untuk menuntut ilmu di SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) untuk belajar Seni Rupa. Di SMSR, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, dan berhasil menjadi juara umum.

Pada tahun 2003 Lukman melihat perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah mulai nampak hingga akhirnya beliau memutuskan untuk mempelajari bidang tersebut sampai memperoleh gelar Sarjana Komputer.Didunia Pendidikan Multimedia Siapa yang tidak kenal dengan pria kelahiran Garut ini. Malang melintang didunia profesional dan pendidikan berawal dari PT. Cakrawala Global Informatika salah satu perusahaan yang fokus dibidang Teknologi Informasi beliau sebagai Web Designer kemudian Lukman memutuskan untuk menjadi pengajar di SMK Media Informatika, selang 1 tahun ikut merintis dan mendirikan SMK IT di daerah Bintaro Tangerang Selatan yaitu SMK Bina Informatika. Pada tahun 2014 Lukman dipercaya untuk ikut serta dalam merintis dan mendirikan sekolah kembali di daerah Kota Depok Jawa Barat yaitu SMK Tunas Media dan pelabuhan tempat bersandar tahun 2018 ini di MAK Unggulan Informatika.

Asep Lukman Arip Hidayat yang biasa dipanggil oleh siswa-siswanya Bapak lukman adalah salah satu Guru yang telah banyak melukiskan prestasi dibidang Pendidikan Multimedia. Beberapa situs web yang telah ia hasilkan antara lain :

  • 2003, Web Design WAN Kota Bandung – Web Design Anugerah Musik Indonesia Awards – Web Design INDAG Purwakarta
  • 2006, Website ICT Center Kota Tangerang – Web Design SMKN 3 Tangerang
  • 2007, Web Design STT Migas Balikpapan
  • 2007 – 2014, Website SMK Bina Informatika Bintaro
  • 2007 – Sekarang, Website UKBI – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • 2009 – Sekarang, Website BIPA – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • 2014 – Sekarang, Website SMK Tunas Media
  • 2017, Website PT. Asian Isuzu Casting Center (AICC) – Website SMK Media Kreatif dan SMK Meilia Medika
  • 2017 – Sekarang, Website MAK Unggulan Informatika
  • 2020, Website Penghargaan – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Kemudian tidak sedikit putra-purti anak bangsa yang telah menjuarai lomba-lomba tingkat nasional dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK berkat bimbingannya seperti :

  • Pembimbing dalam LKS SMK Bidang Lomba Animation, (Jakarta Nasional Juara Harapan I 2009 – Jakarta Nasional Juara III 2010 – Jakarta Nasional Juara 1 2011 – Jakarta Nasional juara II 2013 – Malang Nasional Juara II 2016 – Bandung Nasional Juara II 2016)
  • Pembimbing dalam FLS SMK Bidang Lomba Film Animasi, Tangerang Selatan Provinsi Banten Juara I 2011
  • Pembimbing dalam Edunimasi Festival Bidang Lomba Animation ( Denpasar-Bali Nasional Juara 1 2011 – Yogyakarta Nasional Juara 1 2012)

Saat ini selain mengajar karena ia tergabung dalam LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)sebagai Assesor Kompetensi Ia kerap kali diminta menjadi assesor Graphic Designer Guru Keahlian Ganda, berikut ini adalah peserta yang pernah diassement oleh beliau :

  • SMKN 5 Bandar Lampung, Skema Graphic Designer dengan peserta Guru Keahlian Ganda Multimedia 2017
  • SMKN 4 Palangka Raya, Skema Graphic Designer dengan peserta Guru Keahlian Ganda Multimedia 2017
  • PPPPTK BMTI Cimahi, Skema Graphic Designer dengan peserta Instruktur Keahlian Ganda 2017
  • Cevest BBPLK Bekasi, Skema Graphic Designer dan Animation dengan peserta diklat 2017 – Sekarang

Beliau berpendapat bahwa saat ini menjadi Guru merupakan pelabuhan untuk mengabdikan dan mengaplikasikan ilmu Multimedia khsususnya desain grafis, animasi, kepada putra-putri MAK Unggulan Informatika.

Wakil Bidang Kesiswaan (2018-2019)

Sosok kelahiran jakarta tahun 1978 ini dimata rekan-rekan diibaratkan seperti padi, pribadi yang santun, lembah manah serta memiliki kemapuan yang mumpuni. Lahir dan besar dikota jakarta menunujukkan bahwa ia adalah putra asli Jakarta.

1996 Maryadi menyelesaikan pendidikan SMA kemudian melanjutkan kuliah di Institut Agama Islam Al-Aqidah memperdalam ilmu agama khususnya PAI. Selang beberapa lama menjadi mahasiswa di IAI Al-Aqidah ia mencoba kuliah di STMIK Kuwera Jakarta mengambil jurusan Manajemen Informatika. Maryadi termasuk mahasiswa yang aktif, rajin ia menjalani kuliah di dua tempat berbeda dalam waktu bersamaan namun dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan nilai yang sangat memuaskan.

Beberapa pelatihan dan sertifikat yang ia ikuti didapat sebagai pelengkap untuk menambah kemapuan dibidang komputer antara lain :

  • 2003, Cisco Networking Academy CCNA (Jakarta) dan Workshop dan Demo Wirelless Networking ( Akses Internet tanpa kabel) diselenggarakan oleh komunitas STAN Prodip.
  • 2011, Workshop Analisa & desain Sistem Informasi di STMIK Kuwera
  • 2017, Sertificate of Comptence Pendidikan dan Pelatihan BNSP

Selain pelatihan, pengalaman bekerja di perusahaan dan bidang pendidikan membuat ia semakin kompeten, terbukti saat UKG RPL 2016 DKI Jakarta ia mendapat nilai tertinggi. Selain mengajar MM dan Divisi IT di SMKN 59 dan Assesor Multimedia, RPL, TKJ saat ini ia juga menjabat sebagai direktur operasional PT Miratek interdata sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

Beberapa kemapuan materi yang ia kuasai sebagai penunjang Kegiatan Belajar Mengajar yaitu : Linux, WIN Servel ALL, Win All, MS Office, VB6, LAN, WAN, Video editing, Design Grafis, Web Design, Web Programing, HTML, PHP, Mysql, Asemmbling Computer and Service.

Tahun Ajaran 2018 – 2019 dengan mengucap Bismillahirahmanirahim ia bergabung di MAK Unggulan Informatika sebagai wakil kesiswaan sekaligus kepala program Rekayasa Perangkat Lunak.

Wakil Bidang SDM (2018)

Suprihani Kartadarma, lahir di Bandung pada 23 Mei 1987. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga akademisi. Ayahnya berprofesi sebagai dosen sekaligus guru besar di Jurusan Farmasi Institut Teknologi Bandung, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga lulusan Analis Kimia.

Sejak duduk di bangku SD hingga SMA, Suprihani yang akrab disapa Hani ini menunjukkan bakatnya di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam khususnya mata pelajaran kimia, fisika dan biologi. Puncaknya pada tahun 2003, Ia berhasil menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Barat di ajang Olimpiade Matematika dan Kimia tingkat SMA se-Indonesia. Selain itu, di tahun yang sama Hani juga tercatat dua kali menjuarai kompetisi Karya Ilmiah Remaja antar sekolah di Kotamadya Bandung.

Lulus dari bangku SMA tahun 2004, Hani melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Material Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. Semasa kuliah, Ia aktif mengikuti berbagai kepanitiaan dan organisasi diantaranya Himpunan Mahasiswa Material. Namun selama empat tahun kuliah, Hani menemukan minatnya yang lain yakni jurnalistik dan multimedia. Sehingga, usai mendapatkan gelar sarjananya, Ia nekat banting setir bekerja sebagai Reporter dan Produser di stasiun televisi berita Metro Tv dari tahun 2008 hingga 2015. Selama tujuh tahun malang melintang di dunia pertelevisian, Hani yang hobi bersepeda ini menekuni banyak hal mulai dari reportase, menulis naskah berita, presenting, videografi hingga editing video. Selain menjadi Guru menjadi seorang Ibu adalah tugas pokok, saat ini ia menjadi Working At Home Mom ( WAHM ) dengan mengelola sebuah website khusus ibu dan anak, katabunda.com. Januari 2018 ia bergabung MAK Unggulan Informatika dan menjadi tempat berbagi ilmu serta pengalaman dengan Generasi Unggul untuk Indonesia Hebat.

Scroll to top