Penulis – Syifa Nandita
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Penambahan dan pengembangan bank soal instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia tingkat Madrasah Ibtidaiyah Angkatan ke 5 dalam penyusunan rumusan diagnosis perbaikan tahap 2 Yang dilaksanakan pada hari Rabu sampai hari Jum’at tanggal 2 hingga 4 juni 2021 yang bertempat di Hotel Allium Tangerang.
Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 40 Tim pakar perwakilan Literasi dan dihadiri oleh Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Ahmad Hidayatullah sekaligus membuka kegiatan, turut hadir juga beberapa Narasumber, antara lain Diretur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Moh. Isom, dan Tim Pakar Perguruan Tinggi.
Tujuan Asesmen adalah untuk meningkatkan Mutu Pembelajaran, Mendiagnostik, dirancang untuk menghasilkan Informasi, dan tindak lanjut kualitas Belajar mengajar. AKMI merupakan Pengukuran Kompetensi Siswa madrasah yang mencakup Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.
Kegiatan hari pertama yaitu pembukaan dan dilanjutkan meriveuw soal soal yang telah di buat oleh para peserta. Yang dipandu oleh Peni
Hari kedua berdiskusi secara berkelompok sesuai dengan mata pelajaran masing masing
Dan hari ketiga adalah penutup.
“Penguatan Budaya Literasi adalah kunci Memajukan Negeri ini” – Lenang Manggala.