Pengembangan Bank Soal Instrumen AKMI Tingkat MI Angkatan ke-5

Penulis – Syifa Nandita

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Penambahan dan pengembangan bank soal instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia tingkat Madrasah Ibtidaiyah  Angkatan ke  5 dalam penyusunan rumusan diagnosis perbaikan tahap 2 Yang dilaksanakan pada hari Rabu sampai hari Jum’at  tanggal 2 hingga 4 juni 2021 yang bertempat di Hotel Allium Tangerang.

Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 40 Tim pakar perwakilan Literasi  dan dihadiri oleh Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Ahmad Hidayatullah sekaligus membuka kegiatan, turut hadir juga beberapa Narasumber, antara lain Diretur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama  Moh. Isom, dan Tim Pakar Perguruan  Tinggi.

Tujuan Asesmen adalah untuk meningkatkan Mutu Pembelajaran, Mendiagnostik, dirancang untuk menghasilkan Informasi, dan tindak lanjut kualitas Belajar mengajar.  AKMI merupakan Pengukuran Kompetensi Siswa madrasah yang mencakup Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Kegiatan hari pertama yaitu  pembukaan dan dilanjutkan meriveuw soal soal yang telah di buat oleh para peserta. Yang dipandu oleh Peni

Hari kedua berdiskusi secara berkelompok sesuai dengan mata pelajaran masing masing

Dan hari ketiga adalah penutup.

“Penguatan Budaya Literasi adalah kunci Memajukan Negeri ini”Lenang Manggala.

Scroll to top